Rabu, 20 Desember 2023

Review Perangkat Pembelajaran

 

Menjelang semester baru atau Tahun Ajaran Baru, sebagai seorang guru umumnya sudah mempersiapakan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selama satu tahun ajaran. Rencana belajar yang sudah disiapkan ini biasa disebut dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).

RPP sendiri merupakan singkatan dari rencana pelaksanaan pembelajaran yang disiapkan dan dirancang untuk pembelajaran tatap muka, daring dan campuran (kolaborasi/blended learning) untuk satu atau beberapa kali pertemuan. RPP ini dikembangkan dari silabus dengan tujuan untuk mengarahkan kegiatan belajar mengajar dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Seorang tenaga pendidik, dalam hal ini guru, pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis.

Manfaat dari Pembuatan RPP bagi seorang guru, khususnya Guru PAI, yaitu:

1. Pembelajaran lebih sistematis

Adanya RPP ini bisa mengarahkan guru agar merancang sebuah metode pembelajaran yang disenangi siswa. Rancangan metode pembelajaran tersebut sangat memungkinkan dilakukan variasi oleh guru. Jadi, dalam satu materi penyampaian (misal materi teks observasi dalam Bahasa Indonesia), guru bisa merancang metode belajar diskusi dan kerja kelompok.

2. Memudahkan analisis keberhasilan belajar siswa

RPP yang sudah disusun oleh guru, tentunya memiliki butir penilaian yang akan diberikan kepada siswa. Butir penilaian dalam RPP tersebut jika sudah diterapkan ke siswa dan guru bisa melihat nilai yang didapat mereka. Dari nilai tersebut, guru bisa melihat apakah butir penilaian yang ada di dalam RPP sudah dicapai oleh siswa dengan baik atau tidak.

3. Memudahkan penyampaian materi

Dalam hal penyampaian materi, guru sangat dibantu dengan adanya RPP yang telah dibuat. Ini dikarenakan guru bisa memprediksi, dalam sebuah materi itu bisa diselesaikan dalam berapa kali tatap muka, atau bahkan lebih dari itu. Bahkan dapat dilaksanakan secara semi daring / campuran, dan full daring. Jika, ada ketidaksesuaian jumlah tatap muka dalam penyampaian materi di RPP dengan yang ada di kelas, maka guru bisa mencari tahu sekiranya dipoin mana penyampaian materi tersebut berjalan kurang efektif.

4. Pengatur pola pembelajaran

Beberapa materi yang diajarkan tidak semuanya bisa selesai dalam satu kali tatap muka. Ada kalanya guru memerlukan beberapa kali tatap muka untuk menuntaskan satu bahasan materi. Nah, dengan adanya RPP ini guru bisa merancang pola penyampaian materi, misal di tatap muka pertama membahas tentang dasar-dasarnya, baru di tatap muka yang kedua membahas hal yang lebih detail dari materi tersebut

5. Menghemat waktu dan tenaga

Manfaat yang kelima ini pastinya bisa menghemat waktu dan tenaga dari guru. Guru tidak perlu bingung memikirkan model, metode, dan sumber belajar yang sekiranya nanti akan digunakan oleh siswa. Pastinya dengan adanya RPP yang sudah dibuat, guru bisa menentukan apa-apa saja yang dibutuhkan dalam penyampaian materi ajarnya.

Itulah beberapa point mengenai manfaat daripada pembuatan RPP bagi guru, sehingga dengan mengetahui hal tersebut akan semakin menambah semangat, motivasi dan kesungguhan dalam pembuatan RPP yang benar dan tepat, sehingga dapat membantu dalam mewujudkan kesuksesan pada kegiatan pembelajaran.

 

Menurut saya dari beberapa pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki megenai RPP, yaitu; RPP dapat dibuat dan dirangcang tidak hanya untuk pembelajaran TATAP MUKA, namun untuk kondisi yang sekarang ini karena Sekolah diberlakukan belajar di rumah, dan juga PTM terbatas, dan pembatasan jumlah murid atau siswa yang ke sekolah, maka pelaksanaan pembelajaran harus di desain dengan menerapkan pembelajaran berbasis kolaborasi dan full daring, selain pembelajaran tatap muka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sepucuk Nasehat

Sepucuk Nasehat
Nasehatilah diri sebelum usia terlanjur terhenti, karena penyesalan amatlah pahit dan menakutkan