Membandingkan konsep SKL, KI, KD, dan taksonomi
Adapun definisi atau pengertian dari masing-masing
konsep adalah sebagai berikut:
a. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) adalah kriteria
mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, sdan
keterampilan. Kriteria ini diharapkan dapat dicapai setelah menyelesaikan masa
belajarnya di satuan pendidikan pada suatu jenjang pendidikan. SKL merupakan
acuan utama dalam pengembangan Kompetensi Inti (KI), selanjutnya KI dijabarkan
ke dalam Kompetensi Dasar (KD).
b. Kompetensi Inti (KI) merupakan tingkat kemampuan untuk
mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik
pada setiap tingkat kelas. Artinya ia merupakan operasionalisasi SKL dalam
bentuk kualitas yang harus dimiliki peserta didik pada setiap tingkat kelas
atau program yang menjadi dasar pengembangan KD. KI mencakup sikap (spiritual
dan sosial), pengetahuan, dan keterampilan.
c. Kompetensi Dasar (KD) merupakan kemampuan yang harus
diperoleh peserta didik untuk mencapai Kompetensi Inti melalui pembelajaran
yang berisi sejumlah kemampuan yang harus dikuasai baik pada aspek sikap,
pengetahuan, maupun keterampilan dalam mata pelajaran tertentu.
d. Taksonomi dimaknai sebagai seperangkat prinsip
klasifikasi atau struktur dan kategori ranah kemampuan tentang perilaku peserta
didik yang terbagi ke dalam ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan.
e. Indikator atau biasa disebut Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK) adalah ukuran, karakteristik, atau ciri-ciri dari ketercapaian
KD berdasarkan taksonomi kemampuan baik pada ranah sikap, pengetahuan, maupun
keterampilan.
Silahkan DOWNLOAD versi asli dan lengkapnya disini: PERANGKAT PEMBELAJARAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar