Senin, 11 April 2022

MODEL PEMBELAJARAN

 

1.    Proses pembelajaran inkuiri

dilakukan melalui tahapan-tahapan sebagai berikut:

1. Merumuskan masalah,

2. Mengembangkan hipotesis,

3. Menguji jawaban tentative,

4. Menarik kesimpulan,

5. Menerapkan kesimpulan dan generalisasi.

2.    Langkah-langkah Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning/PBL) yaitu;

1. Mengorientasi peserta didik pada masalah,

2. Mengorganisasikan kegiatan pembelajaran,

3. Membimbing penyelidikan mandiri dan kelompok,

4. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya,

5. Analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah

3.    Langkah Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning atau PjBL), yaitu;

1. Menyiapkan pertanyaan atau penugasan proyek,

2. Mendesain perencanaan proyek,

3. Menyusun jadwal,

4. Memonitor kegiatan dan perkembangan proyek,

5. Menguji hasil,

6. Mengevaluasi kegiatan/ pengalaman.

4.    Langkah-langkah Pembelajaran Discovery Learning;

1. Menciptakan stimulus/ rangsangan (Stimulation),

2. Menyiapkan pernyataan masalah (Problem Statement),

3. Mengumpulkan data (Data Collecting),

4. Mengolah data (Data Processing),

5. Memverifikasi data (Verrification), dan

6. Menarik kesimpulan (Generalization).

5.    Pembelajaran yang kontekstual

adalah pembelajaran dalam rangka memperoleh dan menambah pengetahuan baru (acquiring knowledge). Pengetahuan baru itu dapat diperoleh dengan cara deduktif. Artinya, pembelajaran dimulai dengan mempelajari secara keseluruhan kemudian memperhatikan detailnya.

Model-model pembelajaran kurikulum 2013 yaitu; pembelajaran Inkuiri (Inquiry Based Learning), model pembelajaran Discovery (Discovery Learning), model pembelajaran berbasis projek (Project Based Learning), Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching Learning)  dan model pembelajaran berbasis permasalahan (Problem Based Learning).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sepucuk Nasehat

Sepucuk Nasehat
Nasehatilah diri sebelum usia terlanjur terhenti, karena penyesalan amatlah pahit dan menakutkan